Ada mitos yang mengatakan, ”kalo ngasih kado baju ke pacar di hari ulang tahunnya, nanti hubungannya gak bakal langgeng.” Dulunya gue gak percaya, tapi mitos itu terbukti benar di kehidupan gue.

Dulu, waktu gue kelas 1 SMA. Gue masih inget, hari itu tanggal 9 Desember 2010, tepat di hari ulang tahun gue yang ke ** tahun.
Waktu itu gue punya pacar, katakanlah namanya Marimar ( tadinya mau Zulfikar, tapi nama itu kedengeran laki banget ), di hari itu, Marimar menghampiri gue yang sedang berburu babi di hutan. Dia datang dengan senyum aduhai, wajah ceria, dan mata yang berbinar-binar. Lalu memberikan sebuah kado sambil bilang “selamat ulang tahun yah, semoga sehat selalu, dilancarkan rezekinya, diteguhkan imannya, dan diterima amal ibadahnya. Maaf aku cuma bisa ngasih ini.”
“terimakasih Marimar.” Jawab gue sambil menerima kado pemberiannya.
Gue penasaran, kira-kira apa isi dari sebuah kotak bertuliskan H4pPy B!rThdAys tersebut. “boleh aku buka sekarang kadonya?” tanya gue. “boleh. Buka aja.” Marimar membolehkan.
Dengan biadab gue buka kado tersebut, lalu mulai terlihat isi dari kado yang diberikan Marimar. Isinya  adalah sebuah kaos berwarna merah gonjreng bertuliskan I WANNA BE YOUR HAND di depannya.
Gue memegang kaos itu, lalu mengangkatnya ke atas. Marimar tersenyum, lalu bertanya “gimana kadonya? Kamu suka gak?”
Dengan suara lantang gue bilang, “baju macam apa ini?! Bahannya mirip kayak bahan celana dalem.” Lalu gue melanjutkan, “ini baju apa sempak ukuran super?”
Mendengar ucapan gue, wajahnya yang tadinya riang, berubah jadi serem. Dia menatap gue dengan tatapan murka, gue balik menatap. Lalu kami saling tatap-tatapan.
Semakin lama gue menatap matanya, mata gue terasa semakin berat ( gue yakin dia punya ilmu hipnotis ). Tapi sebelum gue tertidur karena saling tatap-tatapan, Marimar mengambil kembali kado pemberiannya sambil bilang dengan mantap, “kita putus !”
Dari kejadian itu, kalo pacar ataupun gebetan gue ulang tahun, gue gak pernah ngasih baju. Dan juga, di tahun-tahun selanjutnya sebelum hari ulang tahun gue, gue selalu bilang ke pacar gue “sayang, nanti kalo aku ulang tahun, kamu jangan ngasih kado baju yah. Aku takut nantinya kita putus.”

Gue gak tau mitos itu bener atau enggak, tapi, kalo misalkan mitos bener, bisa bermanfaat juga buat lu yang pengen putus sama pacar lu.
Misalkan lu udah pengen banget putus, tapi gak tau harus mutusinnya gimana. Terus kebeneran beberapa hari lagi adalah hari ulang tahunnya. Kasih aja dia baju. Semoga aja dengan mitos itu lu bisa putus dengan sendirinya.
*
Masih tentang sebuah baju. Dua tahun yang lalu, atau kurang lebih satu tahun setelah putus sama Marimar. Temen gue, si Ajis ( nama disamarkan ), minta saran tentang kado yang bakal dia kasih di hari ultah nyokap pacarnya.
Sekedar info, si Ajis ini adalah tipe orang yang menganut paham : ketika kita sayang kepada seseorang, sayangilah juga kedua orang tuanya. Anggaplah orang tuanya adalah orang tua kita sendiri.
Paham itu ada benernya, tapi tergantung sama orangnya.
Kalo orangnya durhaka sama orang tua, masa iya harus durhaka juga sama orang tua pacar.
Tapi yang paling ngeri adalah ketika paham tersebut dipake sama Sangkuriang.
Sangkuriang ‘kan macarin emaknya, nah, kalo dia pacaran sama cewek, otomatis dia juga bakal macarin emak pacarnya.
Macarin emaknya sih mending, kalo macarin bapaknya gimana?
*
“menurut lu gimana nih? Kado apa yang harus gue kasih?” tanya si Ajis.
“ya lu tanya aja ke pacar lu, kira-kira nyokapnya pengen kado apa.” Jawab gue.
“enggak, gue gak mau dia tau. Biar sekalian jadi kejutan buat keduanya.”
Gue memutar otak, lalu menjawab dengan pasti, “kasih baju aja.”
“bener juga tuh.” Ajis setuju. “eh, tapi ukuran bajunya apa yah?”
“lho kok malah nanya gue? Mana gue tau.”
Kami memikirkan beberapa cara, diantaranya:
1.       Ngambil bajunya pas lagi dijemur, buat contoh ukuran.
2.       Mengendap-endap masuk ketika rumahnya lagi rame.
3.       Menculik target pas lagi boker.
4.       Sikat gigi sebelum tidur ( gak nyambung ).
Karena ke-empatnya kerasa sangat sukar dilakukan, akhirnya gue dan Ajis sepakat untuk mengambil cara lain, yaitu : menjadikan gue sebagai agen rahasia.
Gue bakal sms nyokapnya pacar si Ajis, terus ngajak kenalan biar akrab, dan akhirnya nanya-nanya ukuran baju sama sekalian model baju yang dia pengen. Sebagai imbalannya, si Ajis bakal minjemin PS 2-nya kalo gue berhasil mengemban tugas itu dengan sangat baik.
Sekitar jam 7 malem, gue mulai melaksanakan tugas. Gue ambil hp, lalu gue kirim pesan pembukaan yang berisi : hay.
Gak lama kemudian, dateng sms balesan dari nyokapnya pacar si Ajis : maaf ini siapa?
Ini Roy. Boleh kenalan gak?
Boleh..
Kami akhirnya kenalan, gue udah tau ukuran bajunya, dan ternyata, nyokap pacarnya si Ajis adalah tipe orang yang seru banget diajak sms-an, dan hal itu ngebuat gue kebablasan.
Dari yang pertama niatnya cuma nanya ukuran baju, berubah ke semua aspek. Gue jadi ngobrol banyak sama tante-tante ini, mulai dari hobi, cita-cita, sampe tips menghindari gerpe-an bencong lampu merah.
Waktu menunjukan jam 10 malem, informasi udah didapet, lalu gue akhiri chating, dan memutuskan untuk tidur.
Paginya, pas gue cek hp, ada sms dari nomor baru. Gue bales, kami kenalan, lalu dia ngajak ketemuan.
Waktu itu dia ngajak ketemuan di sebuah kafe, gue ‘iya’kan, karena dia janji dia yang bayar.
Kami ketemuan di jam makan siang. Gue dateng lebih awal, setelah nunggu kurang lebih setengah jam, orang yang ditunggu belum dateng juga. Gue sms juga gak dibales.
Setelah nunggu sekian lama, dia nge-sms gue : kamu pake baju warna apa?
Gue bales : kemeja biru.
Gue tengok ke penjuru kafe, tapi gak ada tuh cewek yang kayaknya nyariin gue, yang ada cuma bapak-bapak yang kayaknya nyariin orang.
Bapak-bapak yang dari tadi liat ke segala penjuru kafe itu, perlahan mendekat ke meja gue, lalu akhirnya duduk satu meja sama gue.
“Nandar?” bapak itu tiba-tiba nanya.
“iya.” Jawab gue kikuk.
“lagi nungguin cewek yah?” tanyanya lagi.
“iyah, kok Bapak tau?” tanya gue heran.
“cewek yang kamu tungguin gak bakal dateng.” Dia melanjutkan “ini kan nomornya?” katanya sambil menyodorkan hp-nya, memperlihatkan nomor hp yang ngajak gue ketemuan.
“kok?” gue masih bingung.
Bapak itu melotot ke arah gue, “orang yang ngajak ketemuan sama kamu itu, saya.”
Mulut gue kerasa jadi keram, kaku, diam seribu bahasa, masih gak ngerti sama apa yang sebenernya terjadi.
Bapak itu merogoh kantong celananya, mengambil sebuah handhone berwarna merah jambu lalu memperlihatkan sebuah percakapan sms ke gue.
“maksudnya apa ini?” ucapnya sambil memperlihatkan percakapan sms.
Gue liat baik-baik, dan gue baru ngeh kalo ternyata itu adalah percakapan sms gue sama nyokapnya pacar si Ajis.
“i itu..” jawab gue terbata-bata.
“mau ngapain kamu sama isteri saya?” tanyanya dengan nada tinggi.
“saya bisa jelasin Om.” Timbal gue panik.
Bapak itu masih melotot, matanya sampe keluar saking marahnya.
Gue jelasin apa yang sebenernya terjadi, tapi Bapak itu masih gak percaya. Akhirnya gue suruh si Ajis dateng ke tempat gue di-introgasi.
Gak lama kemudian si Ajis dateng, lalu menjelaskan semuanya.
Setelah mendengar penjelasan dari si Ajis, Bapak itu bilang “dasar, baru pacaran aja udah kayak apa aja.” Lalu melanjutkan, “saya gak mau anak saya nerusin hubungannya sama orang kayak kamu.”
“tapi Om..” jawab si Ajis. Sebelum selesai melanjutkan ucapannya, Bapak itu bilang “sudah, sekarang kamu sama Sarboah ( nama disamarkan ) putus aja !”
Akhirnya Ajis dan sarboah putus gara-gara niat ngasih baju sebagai kado ultah nyokap si Sarboah.
Ternyata ngasih kado baju ke orang tua pacar juga sama aja bikin putus.

Dua pengalaman mengenaskan tentang mitos pupusnya hubungan karena sebuah baju semakin membuat gue percaya sama mitos tersebut.
Apakah Anda juga percaya?