Pagi-pagi gue udah nonton animal planet, liat bagaimana seekor harimau betina tengah berburu rusa untuk santapan anak-anaknya. Lalu tiba-tiba gue kepikiran sesuatu, udah lama juga yah gue jomblo. Gak nyambung memang, antara harimau yang sedang berburu dan kejombloan.

Setelah lama menjomblo, gue-pun memutuskan untuk mencari pacar baru. So, gak lengkap rasanya seorang cowok ganteng cacingan berbulu ketek lebat gak punya pacar.
Udah saatnya gue nyari pacar, gue pikir.
Pertanyaan muncul di kepala gue, tapi gue harus nyari pacar kemana? Tokobagus? Facebook? Twitter? Pantai? Ah, enggak deh.
Lalu munculah sebuah ide, tentang tempat modus nyari cewek : toko buku.
Alesannya simpel, cewek-cewek yang di toko buku pasti suka membaca buku, kalo suka baca buku, berarti wawasannya luas, kalo wawasannya luas, berarti dia pinter, kalo dia pinter, bisa nyembunyiin kegoblokan gue.
Gue ngambil hp, mau nge-sms si Nendi, ngajak dia nemenin gue ke toko buku. Gue cari nama kontaknya di hp dengan huruf awalan N. Karena hp gue canggih, gue tinggal mencet tombol huruf N, dan setelah itu langsung berjejer nama kontak dengan huruf awalan N. Oh ya, selain itu, kecanggihan dari hp gue terbilang sangat banyak, mulai dari kamera VGA, radio FM, infra merah, dan bisa maen game puzzle. Merknya juga merk luar negri, Made In China.
Setelah berjejer nama kontak berhuruf awal N, gue mulai mencari nama Nendi di situ. Setelah ketemu kontak bernama Nendi, gue arahkan turun keypad ke kontaknya. Tapi, pandangan gue berhenti pada nama kontak di bawah nama Nendi : Noni.
Kami berbincang banyak lewat sms, mulai dari hobi, makanan kesukaan, warna kesukaan, sampai obrolan terasa semakin seru ketika dia ngomongin soal hewan peliharaan.
Noni: gue sih paling seneng sama kucing, gue punya satu di rumah.
Gue : o ya? Gue juga punya kucing.
Noni : masa sih?
Gue : iya.
Noni : kucing lu cewek apa cowok?
Gue : cowok. Kenapa emang?
Noni : kucing gue cewek, kita jodohin aja gimana?!
Gue : boleh.. boleh..

Gue dan Noni akhirnya berniat menjodohkan si Jimbo sama kucingnya Noni. Gue sih berharap si Jimbo bisa cocok sama kucing si Noni, karena kalo mereka cocok, gue sama Noni kan bisa sering ketemu, dan semoga aja kami  jodoh.
Gue dan Noni janjian ngejodohin kucing kami di rumah gue, karena kata si Noni, kalo ngejodohinnya di rumah dia, bakal ada kucing garong tetangganya yang ngegodain kucingnya si Noni terus. Si Noni ini gak suka kucingnya berhubungan sama kucing garong alay tetangga sebelahnya, karena katanya, majikan kucing garong itu mantan pengidap narkoba. Jadi si Noni gak mau kucingnya pacaran sama kucing gak bener.
Ngedenger kata kucing gak bener, gue sedikit waswas, mengingat si Jimbo dulunya adalah kucing gak bener.
Gue menemukan si Jimbo pertama kali saat gue berhasil memergoki dia sedang mencuri ikan di rumah gue.
Saat gue memergoki si Jimbo, dia terlihat sangat liar. Rambutnya gondrong, mukanya serem, giginya caling semua, kumisnya panjang, badannya bau ketek, kayak gak pernah mandi. Maklum, dulunya si Jimbo adalah kucing liar, dia harus bertahan hidup di tengah dunia yang keras, dan hidup yang keras telah membuatnya nekat mencuri ikan di rumah gue.
Gue yang saat itu memaklumi akan keadaan si Jimbo yang sangat liar karena memang kehidupannya yang keras, akhirnya membiarkan dia memakan ikan di rumah gue. Setelah ikan itu habis, gue mulai menasehati dia agar tidak lagi menjadi kucing yang nakal. Alhamdulillah, hati si Jimbo akhirnya luluh, dia tobat, dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahannya lagi.
Si Jimbo sekarang udah jadi kucing baik-baik, gak pernah nyolong ikan lagi, malah sekarang dia jadi sering nyolong sempak gue kalo lagi dijemur. Tapi itu lebih baik daripada nyolong ikan.
***
Setelah ngejemput si Noni sama kucingnya, kami akhirnya datang ke rumah gue.
Kami memasuki ruang tamu, tempat biasa si Jimbo selonjoran dengan tidak sopannya. Tapi gak seperti biasanya, si Jimbo gak ada di ruang tamu. Entah ke mana.
Gue berpikir jangan-jangan si Jimbo maen ke rumah kucing janda genit milik tetangga sebelah.
Kami akhirnya menunggu si kucing biadab itu pulang.
***
Sekitar setengah jam kami menunggu, akhirnya orang yang ditunggu-tunggu, eh kucing yang ditunggu-tunggu dateng juga. Si Jimbo masuk rumah dengan raut muka yang sangat terlihat kesal, dia masuk rumah gitu aja, tanpa mengucap salam terlebih dahulu, dan parahnya, setelah dia masuk, dia menutup pintu rumah dengan sangat keras.
GUBRAK ! si Jimbo nutup pintu.
Gue yang gak mau si Jimbo dicap kucing gak bener sama si Noni dan kucingnya, segera menghampiri si Jimbo. “Jimbo..” ucap gue lembut, “masuknya yang sopan dong.” Si Jimbo gak ngejawab. Dia masih dengan mukanya yang jahat.
Mata si Jimbo tiba-tiba tertuju pada kucing Persia Noni, dia melihat kucing itu dengan tatapan mesum. Lalu bertanya ke gue, “meong..?”
Gue yang mengerti maksud si Jimbo lalu menjawab, “oh itu gebetan baru kamu, sono kenalan gih..” gue mempersilakan si Jimbo mendekati kucingnya Noni.
Noni yang antusias menjodohkan kucingnya lalu mempersilakan kucingnya berkenalan dengan kucing gue. “sana Pus, kenalan sama si Jimbo.”
Kedua kucing itu berkenalan. Kucingnya Noni terlihat begitu kalem, sedangkan kucing gue terlihat sangat mesum.
Gue nanya sama Noni, “Non, tadi lu panggil kucing lu Pus.. emang namanya siapa sih? Mampus?”
Si Noni naikin keningnya sambil terus melihat kucingnya kenalan, “ngarang.. namanya tuh Pupus..”
“apa apa? Lupus?” tanya gue kurang jelas.
“Pupus! Pu pus.”
“oh.. Pupus.. bilang dong.” Jawab gue cengengesan.
Dia gak ngejawab, dia masih asyik merhatiin kedua kucing itu berkenalan, bercerita tentang diri mereka, hingga akhirnya Noni mereka merasa cocok.
“eh kayaknya mereka cocok deh.” Kata Noni tiba-tiba.
“iya cocok.” Jawab gue. Padahal gue merasa kedua kucing itu gak cocok. Dilihat sekilas aja, kasta kedua kucing itu jauh berbeda. Si Pupus dari golongan ningrat, karena dia adalah kucing Persia. Sedangkan si Jimbo, berasal dari alam liar. Keduanya sangat jauh berbeda.
Tapi entah kenapa semakin lama, keduanya semakin terlihat cocok. Mereka saling gombal-gombalan. “Bapak kamu kucing yah?” tanya si Jimbo. “kok tau?” jawab si Pupus. Si Jimbo ngejawab dengan sangat yakin, “karena kamu telah mengeong-ngeongkan hatiku.” Lalu si Pupus terlihat sangat terpukau, tersipu malu. Keren banget si Jimbo.
Seketika gue kagum sama kedua kucing ini. Ternyata perbedaan Ras dan strata ekonomi sama sekali tidak mempengaruhi tumbuhnya cinta diantara mereka. Kucing kelas bawah dan kucing kelas atas, kini bergandengan, berdiri sejajar, berkat keagungan rasa yang mereka miliki.
Kalo kucing aja bisa gitu, masa manusia enggak?

Melihat kucing yang sedang asik pedekate, gue gak mau kalah. Gue mulai ngajak Noni ngobrol.
“ngeliat mereka kayaknya asik banget yah Non?” tanya gue.
“iya, jadi pengen jadi kucing.” Jawab Noni.
“jadi kucing?” tanya gue heran.
“iya, kadang gue ngerasa iri sama kepolosan mereka mencintai.” Jawabnya lesu.
Gue gak ngerti, lalu bertanya, “polos gimana maksudnya?”
“yah.. mereka kalo suka ya suka aja. Gak harus mikir inilah, itulah, beda sama manusia.”
“ i.. iyah, bener juga sih..” jawab gue gak yakin. Tapi apa yang dikatakan Noni ada benernya juga.

Hari semakin sore, dan langit terlihat mendung. Noni akhirnya pamit pulang.
Melihat sang gebetan akan pulang, si Jimbo mulai resah, jelas terlihat kalo dia gak mau si Pupus pergi pulang. Namun akhirnya si Jimbo merelakan kepulangan Pupus.
Saat Noni udah pulang, gue menghampiri si Jimbo, tersenyum padanya, berterimakasih, karena berkat perjodohan ini, gue bisa deket sama Noni.
***
Keesokan harinya, Noni nelpon gue, bilang katanya ada sesuatu yang mau diomongin, yang gak bisa diomongin lewat telepon. Noni nyuruh gue dateng ke rumahnya bareng Jimbo.
Gue akhirnya ngajak Jimbo ke rumah Noni. Ngedenger mau ke rumah Noni, si Jimbo semangat banget, gak kayak biasanya, sekarang dia mandi, sikat gigi, rambut di sekujur badannya di sisir rapih, sekarang dia terlihat lebih tampan dan rupawan dari biasanya.
***
Gue dan Jimbo sudah berada di depan rumahnya Noni, kami mengetuk pintu rumahnya. Lalu keluar Noni membukakan pintu.
“eh Tong.. jimbo.. ayo masuk.” Ajak Noni.
Kami memasuki rumahnya, saat sampai ke ruang tamu, gue melihat seorang laki-laki duduk di kursi. Ah, paling kakaknya, gue pikir. Pas gue lihat ke lantai, si Pupus lagi maen sama kucing garong alay yang rambutnya disisir belah dua. Si Jimbo yang juga melihat itu merasa geram, keliatan banget kalo si Jimbo pengen nyakar muka si kucing garong itu.
Sebelum gue bertanya, si Noni memperkenalkan laki-laki itu ke gue.
“Otong, kenalin ini Riko.” kata Noni.
Laki-laki yang bernama Riko, yang tadinya duduk, kini berdiri, menyodorkan tangannya ke gue.
“Riko, pacarnya Noni.”
Gue menjabat tangannya sambil bertanya-tanya, “pacarnya Noni?”
“iyah, pacarnya.” Jawabnya santai. Sedangkan gue masih belum bisa percaya.
Kami akhirnya duduk, sedangkan si Jimbo gue persilakan untuk mendekati Pupus.
Noni mengambil nafas panjang sebelum akhirnya bicara, “jadi gini Tong.” Dia melanjutkan, “aku tau ini berat banget buat si Jimbo.”
Gue makin bertanya-tanya, “maksudnya?”
“kemarin kan kita ngejodohin kucing kita.. dan kita rasa kucing kita cocok..”
“iyah, terus..”
“tapi, ternyata..” dia tersendat.
Gue penasaran, “ternyata apa?”
“ternyata si Pupus hamil, Tong.” Jawabnya menyentak gue.
“APA?!” gue kaget. Si Jimbo yang juga ngedenger itu, sama kagetnya kayak gue, “MEONG ?!”
“jadi maksud lu si Jimbo ngehamilin si Pupus tanpa kita ketahui?” tanya gue gak menyangka apa yang barusan gue denger dari Noni.
“bukan, bukan.. si Pupus hamilnya bukan sama si Jimbo.” Jawabnya.
“terus sama siapa?” tanya gue, lalu gue melanjutkan, “oh.. sama dia yah?!” tuduh gue kepada si Riko.
Riko yang dari tadi santai, kini tersentak, “kampret, enak aja lu nuduh gue.”
Gue dan Riko kini bertatapan monster, gue gak nyangka, ternyata cowoknya Noni tega melepaskan nafsunya kepada seorang kucing Persia yang semok itu.
“udah, udah ! santai aja gak usah pada ngotot gitu dong.” Ujar Noni menghentikan adu mata kami.
Noni melanjtukan, “si Pupus hamil sama si Alex, kucingnya Riko.”
“apa? Dia dihamilin sama kucing garong alay yang rambutnya belah dua itu?” yanya gue heran.
Riko keliatan nahan marah saat gue sebut kucingnya dengan sebutan ‘kucing garong alay.’
“iyah, kata si Pupus, si Alex itu sexi, maco, keren, dan berwibawa.” Terang Noni.
Dia melanjtukan, “gue tau, si Pupus juga suka sama Jimbo, tapi cinta mereka datang disaat gak tepat. Disaat Pupus lagi mengandung bayi dari Alex.”
Gue kecewa, bukan kecewa karena si Jimbo gak bisa jadian sama si Pupus, tapi dari tadi gue kecewa karena tau kalo si Noni udah punya pacar, yang mirip sama kucing garong itu.
Si Noni menatap gue iba, lalu memegang tangan gue, “Tong, maaf yah.. kucing kita gak jodoh.”
Gue mengangguk sedih. “iyah, mungkin memang gak jodoh.”

Gue dan Jimbo akhirnya pergi meninggalkan rumah Noni dengan kekecewaan.
Pergi dengan membawa goresan hati yang terasa sangat pedih, mengingat orang yang kami cintai, tidak seharusnya kami cintai.
Kami hanya bisa mengucapkan selamat tinggal, semoga kamu bahagia bersama dia.