Kalo yang pernah baca atau nonton Harry Potter pasti tau Dementor – makhluk jahat penghisap kebahagiaan. Makhluk ini membuat korban berpikiran seolah-olah mereka tidak memiliki kebahagiaan hingga berpikir bahwa mati adalah sesuatu yang lebih baik.

Cara mengalahkan Dementor adalah dengan mengeluarkan mantra Patronus, yang mana mantra tersebut akan bekerja jika Harry harus mengingat hal-hal bahagia yang pernah dia rasakan, lalu mengucapkan “Expecto Patronus!” sambil mengarahkan tongkat sihirnya ke Dementor.
Konsep yang sangat keren.

Kalo ngomongin tentang Dementor dan Mantra Patronus, sebenernya di sekeliling kita banyak banget dementor yang ngebuat hidup kita jadi down, ngerasa gak bahagia. Mungkin dementor di kehidupan nyata bisa diartikan dengan stres atau juga galau, mungkin. Banyak nih ABG yang sering kena efek dementor, di PHP-in dikit langsung galau, sedih, seolah yang dia dapet di dunia ini cuma kesedihan. Terus update status ‘AMBIL SAJA NYAWAKU, TUHAN ! AKU SUDAH TIDAK SANGGUP. HIDUP INI SUNGGUH TIDAK ADIL !’

Bay de wey, beberapa waktu lalu dementor nyerang gue, yang ngebuat gue lumayan drop.
Untuk mengalahkan dementor, gue meniru Harry dengan mantra Patronus.
Ini dia mantra patronus gue, atau dengan kata lain, hal-hal yang pernah ngebuat gue bahagia:
1. Kegoblokan gue masa lalu
Ini adalah hal pertama yang gue inget, dan anehnya ngebuat bahagia. Beberapa kegoblokan dan hal absurd yang pernah gue alami gue tulis di blog ini, selang beberapa bulan gue baca tulisan gue lalu bilang ‘kenapa gue bisa segoblok ini?!’ (sering banget kayak gini)
2. Maen game
Gak bisa dipungkiri, kalo abis maen game, terus naik level, hingga akhirnya tamat, jadi kebahagiaan tersendiri buat gue. Mungkin lo juga.
3. Menerima respon dari pembaca blog
Gue juga bahagia kalo nerima respon dari pembaca, mau itu yang suka atau yang enggak. Tanpa kalian, gue bukan siapa-siapa (emang gue siapa?)
4. Sahabat
Banyak hal yang dilalui bareng sahabat, ada sedih, suka, duka, dan yang pasti jutaan hal menyenangkan. Bagi gue, sahabat adalah manusia terbaik yang diciptakan Tuhan buat ngebuat hari-hari jadi menyenangkan.

Hal yang bisa gue ambil adalah, gak selamanya kita berada dalam posisi buruk. Kadang cuma gara-gara hal yang menurut kita buruk dalam suatu hari, banyak hal menyenangkan yang kita lupakan. Sehingga kita sedih, berpikir bahwa kita adalah orang paling malang di dunia. Padahal, jika kita memandang dengan kaca mata berbeda, masih banyak hal baik yang kita dapat ketimbang keburukan.

Jadi, itu mantra Patronus gue. Walaupun gak punya kekuatan sihir, percaya deh, mantra itu ampuh.
Kalo mantra Patronus lo gimana?